Rabu, 04 April 2012

MANUSIA DAN PERADABAN

Pengertian Adab dan Peradaban
    Peradaban berasal dari kata ‘adab’ yang berarti kesopanan, kehormatan, budi bahasa dan etiket. Peradaban sendiri memliki arti seluruh kehidupan sosial, politik, ekonomi dan ilmu teknik untuk kegunaan praktis.
    Peradaban sebagai perwujudan budaya yang didasarkan pada akal (rasio) semata-mata dengan mengbaikan nurani akan berlainan dengan perwujudan budaya yang didasarkan pada akal, nurani, dan kehendak sebagai kesatuan yang utuh.
Pengertian Manusia sebagai Makhluk Beradab dan Masyrakat Adab
    Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang sempurna. Kesempurnaan itu terletak pada adab manusia. Manusia beradab karena dalam jiwanya dilengkapi dengan akal, nurani, dan kehendak. Manusia berada pada posisi sentral, artinya manusialah yang mempertimbangkan, menilai, dan berkehendak menciptakan kebenaran, kebaikan, kegunaan serta lingkungan sehat atau sebaliknya.
Evolusi Budaya dan Tahapan-Tahapan Peradaban
    Evolusi budaya dapat mengurangi, menghapuskan, hak, dan memposisikan manusia sebagai objek bukan subjek, antara lain sebagai berikut :
-    Pengusutan hak milik seseorang untuk kepentingan pembangunan tanpa prosedur hukum yang pasti
-    Mengurangi atau meniadakan arti kemanusiaan seseorang, memandang manusia sebagai objek sasaran yang selalu dikenal
-    Tindakan sewenang-wenang dan tidak ada kepastian hukum dalam hubungan antara penguasa, pejabat, majikan dengan rakyat, bawahan, dan buruh
Dampak Evolusi Budaya
Perubahan budaya dapat berakibat positif, yaitu memperkaya nilai-nilai kehidupan yang sudah ada, mendorong ke arah kemajuan dan mensejahterakan kehidupan masyrakat. Selain itu, perubahan budaya dapat pula berakibat negatif, yaitu merusak nilai-nilai kehiduoan yang sudah ada, menghambat kemajuan, memperburuk sendi-sendi kehidupan, dan merugikan masyarakat sehingga terjadi krisis kemasyrakatan.



Wujud-Wujud Peradaban
Nilai        : Berarti mempertimbangkan untuk menentukan apakah sesuatu itu bermanfaat atau tidak, hasil penilaian disebut nilai (value).
Moral         : Meruapakn suatu kebiasaan berbuat baik disebut perbuatan moral atau susila
Norma        : Adalah suatu aturan yang berlaku, bersifat mengikat, norma diperlukan dalam menuntun sikap dan tingkah laku manusia
Etika        : Istilah etika berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu ethos yang berarti adat kebiasaan atau akhlak yang baik
Estetika        :Ilmu yang mengkaji tentang sifat estetis suatu objek dan merupakan bagian dari ilmu filsafat yang menelaah dan membahas aspek-aspek keindahan sesuatu
Peradaban dan Problematikanya bagi Kehidupan Manusia
Kemajuan Media Komunikasi bagi Adab dan Peradaban Manusia
    Manusia memiliki cara dan pola hidup yang berdimensi ganda, di mana manusia memiliki kehidupan yang bersifat material dan spritual. Manusia di mana pun dia berada dan apa pun kedudukannya selalu berpengharaoan dan berusaha merasakan nikmatnya kedua jenis kehidupan tersebut.
Kemajuan IPTEK bagi Adab dan Peradaban Manusia
    Dengan majunya IPTEK, cara atau pola pikir manusia akan lebih maju atau modern tetapi apabila pola pikir tersebut tidak dibarengi dengan adab atau peradaban yang baik, kemajuan tersebut tidak hanya berdampak postif namun juga negatif.
Pertumbuhan dan Perkembangan Demografi terhadap Adab dan Peradaban Manusia
    Demografi mempelajari jumlah, persebaran teritorial, dan komposisi penduduk serta perubahan-perubahan dan penyebab perubahan itu. Faktor nya adalah :
Natalis             : tingkat kelahiran yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penduduk di suatu negara
Mortalitas         : mempengaruhi pertumbuhan  penduduk dan merupakan barometer dari kesehatan masyarakat
Gerak Teritorial     : migrasi dapat menyebabkan tidak meratanya penyebaran penduduk
Mobilitas Sosial     : terbagi 2, yaitu mobilitas permanen dan nonpermanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar